Selamat Datang!

Terimakasih Anda telah mengunjungi Blog sederhana ini. Jangan lupa, beri komentar....

Kamis, 13 Agustus 2009

Pemuda, Buaya dan Keberanian


Syahdan, di sebuah negeri antah berantah, hiduplah seorang raja yang sangat kaya raya. sampai2 ia bingung cara menghabiskan uangnya. Dibuatlah sayembara yang hadiahnya sangat menggiurkan. 100 ekor kuda! Gile beneer....
Apa sayembaranya? Barangsiapa yang BERANI menyebrangi sungai yang paling lebar di negeri itu, maka ia berhak atas hadiah 100 ekor kuda! Berita sayembara begitu cepat menyebar. Datanglah berbondong-bondong para pemuda tangguh dan gagah berani yang rela datang dari tempat yg sangat jauh, demi mengikuti sayembara yang heboh ini. ada sekitar 300 pemuda yang siap menyebrangi sungai itu.
lama dinanti, tak satu pun di antara pemuda ini mau terjun ke sungai. sang raja bingung.

"pantesan, hadiahnya heboh. masak kita disuruh menyebrangi sungai yang banyak buayanya!" celetuk seorang pemuda penuh kecewa.
"iya, nih. payah!" sahut yg lain mengamini.

Ya, sungai itu ternyata dihuni ratusan buaya lapar yang siap menyantap apa saja yg hidup untuk dijadikan makan siangnya!.

Raja kecewa, katanya: "Kalian ini pemuda seperti apa? Negeri yang kaya ini hanya dihuni oleh pemuda pecundang!"

"mana nyali kalian!" teriak sang Raja dengan penuh rasa kesal.

Suasan menjadi gaduh. Tiba2 salah seorang pemuda dengan secepat kilat terjun ke sungai, berenang dengan kecepatan tinggi dan..............

sampailah ia diseberang sungai dengan selamat!

Betapa terkejut bercampur bangga, sang raja mendekati si pemuda ini.
"Hebat! ternyata negeri ini masih ada pemuda gagah berani seperti engkau"... puji sang raja.

Pemuda ini tampak kebingungan sendiri. Ia seperti tidak percaya. Lho?

Raja berkata: " Terimalah hadiah yang aku janjikan ini!.

"Ti.. tidak. maaf raja, saya tidak mau hadiah itu", jawab si pemuda.

"Lho? kamu ini gimana, 100 kuda itu jumlah yg sangat banyak. kamu akan menjadi org yg sangat beruntung!. Kata sang raja, agak bingung juga.

"Sekali lagi, tidak baginda raja!" katanya.
Suasana kembali riuh, mereka tidak percaya apa yg dikatakan si pemuda ini.
kemudian raja melanjutkan: "Oke, mungkin kurang banyak. saya tambah dengan salah satu istana saya yang ada di bukit sebelah sana. Ini mungkin pantas untuk pemuda paling gagah berani di negeri ini!"

Sekali lagi si pemuda menggelengkan kepala.

raja mulai gusar:"Mau kamu apa, sih?"
Si pemuda tetap diam, seperti kebingungan.

Merenung sejenak. sang raja kemudian tersenyum, seraya berkata: "Hmmm... kamu sudah menikah?"
Belum, baginda", jawabnya.

Aha....!
"Aku tau sekarang, kamu pasti menginginkan wanita cantik paling hebat di negeri ini. Oleh karena itu, saya persembahkan putri saya yang paling cantik untuk engkau persunting. Gimana?"

jawaban si pemuda, lagi2, meleset dari perkiraan sang raja.

"Tidak mau, baginda!"

"lalu, mau kamu apa seeeh???!!!" Raja mulai marah....

Pemuda itu dengan terbata-bata menjawab: "saya... saya hanya ingin tau.... TADI YANG NGE-JOROG-IN*) SAYA KE SUNGAI ITU SIAPA, baginda?"

Hah????

Nah, teman. ternyata, ada kalanya keberanian itu harus dipaksakan.... semoga manfaat.

*)Nge-jorog-in = mendorong seseorang sampai terjatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar