Selamat Datang!

Terimakasih Anda telah mengunjungi Blog sederhana ini. Jangan lupa, beri komentar....

Kamis, 13 Agustus 2009

Tips Menghalau Virus Komputer

Pasti kita kesal luarbiasa jika komputer (selanjutnya disebut PC) dah diacak-acak virus. Nah bagi yang sering bergaul dgn PC apalagi sering on-line, ada baiknya tau dan peduli terhadap keamanan PC kita dari incaran virus (malware)... Oleh karena itu ada sedikit tips agar PC terjaga dari jangkauan virus:
1. pastikan kita dah pasang ANTIVIRUS TER-UPDATE secara reguler. Mengapa? karna sebagus apa pun antivirus, kl tdk diupdate, tidak akan mampu menghalau virus yg dewasa ini semakin pesat penyebarannya. Dan perlu dingat, bahwa fungsi ANTIVIRUS adalah MENGHALANGI VIRUS MASUK KE PC. Jadi, kl virus dan masuk, data bisa rusak dan terhapus oleh virus atau antivrsnya.
2. Jangan coba2 memasukkan flashdisk yg ga jelas kondisinya. Scan dengan cermat, sebelum di-plug ke PC. Penyebaran virus sering terjadi melalu flash disk.
3. Jika sudah selesai browsing, chatting dll, segera putuskan hubungkan ke internet. Semakin lama on-line, semakinbesar kemungkinan terinfeksi.
4. Jangan pernah membuka EMAIL yang ga jelas pemiliknya!
5. Scan PC secara berkala, 2minggu sekali, 1 bln sekali dst.
Sebenarnya masih banyak tips2 lain yang tidak mungkin dituliskan di sini. Jika ada yg mau menambahkan, silakan.
demikian. Semoga bermanfaat.

4 komentar:

  1. dear bp.ais

    luar biasa pengetahuan bp.ais tentang dunia informasi, stlh saya baca artikel tentang menangani virus komputer bagus n singkat, so utk yang awam mudah utk dtp d fahami.Btw antivir yg bp.ais gunakan ap y ?? blh jg d buplikasikan sebagai refrensi para blogger.

    sblmny bp.ais sudh pernah migrai k OS yg berbasis opensource/machintos , krna sys tsbt smpe skrang blm ad orang yg m'mbuat virus d OS tsb.Klo bp.ais mau n m'ncbnya saya kasih deh?

    best regards

    daud

    BalasHapus
  2. Wah, pa daud ini bisa aja. saya masih tahap belajar. selama ini pake Avira untuk deteksi virus, Spyware Terminator untuk deteksi spyware dan PCMAV untuk virus lokal.
    OS selain Windows? Belum pernah.
    Terimakasih atas kunjungannya.

    BalasHapus
  3. Wah.. Pak Ais udah makin jago nih komputernya.. tolong ajarin donk saya...

    BalasHapus
  4. @ Iid Fahrudin: Biasa aja, pa iid. Ini juga msaih belajar. Terimakasih atas kunjungannya.

    BalasHapus